Friday, July 20, 2012

Yuk, Naik Bus Trans Jakarta



sumber gambar : di sini




Kendaraan umum di kota kita ini banyak jenisnya. Mulai dari bus, angkutan kota alias angkot sampai bajaj. Namun nih, seringkali kita ngerasa takut untuk naik kendaraan umum. Padahal ya, kalau kita terbiasa naik kendaraan umum, kita bisa mengurangi polusi loh. Ada satu angkutan umum, yang  mau kami bahas, yaitu bus Trans Jakarta. Kenapa? Secara bus ini merupakan salah satu angkutan yang terbilang lumayan enak  digunakan. Selain dingin, setidaknya lebih aman sedikit dibanding angkutan lainnya. Jadi, kami mau kasih tips biar kamu bisa nyobain naik bus Trans Jakarta, ini dia :

1.    Antrilah di pinggir
Kenapa? Kalau antri di tengah, terkadang udara akan tertutup secara yang antri rame kan. Jadi, kalau kamu bisa antri di pinggi, setidaknya kamu masih mendapatkan udara segar, karena kanan or kirimu kosong.

2.    Kalau di dorong-dorong? Masuk saja. 
Yap, daripada di dorang-dorong, mening minggir dulu. Makanya, hindari berdiri di tengah. Or masuk saja ke bus yang sudah berhenti di depan halte.

3.    Tahu RUTE BUS, biar tidak ketinggalan.
Sekarang sudah ada 14 koridor halte bus Trans Jakarta, makanya mengetahui rute-rutenya itu sangat penting. Jadi, kamu ga kelewatan dan tahu harus turun dimana

4.    Jangan berdiri di tengah!
Kadang kalau lagi agak renggang, banyak penumpang yang lebih memilih berdiri di tengah dengan berbagai alasan. Padahal, berdiri di tengah itu jauh lebih bahaya. Karena kamu pasti akan berdesakkan dengan banyak orang. Makanya, kalau lihat di bagian depan atau belakang bus kosong, masuk aja ke dalam. Secara akan memberikan keamanan untuk kamu.

5.    PERHATIKAN Keadaan bus!
Kadang, bus Trans Jakarta bisa mogok di tengah jalan. Ya, tidak bisa di pungkiri, secara bus yang rusak terus dan terus diperbaiki, makanya mogok di tengah jalan itu hal biasa. Karena itu, coba perhatikan keadaan sekitar bus kamu. Jadi, kalau ada tanda-tanda mau mogok or bau tidak sedap, kamu bisa lapor dan bisa siap siaga.

6.    HATI-HATI saat melangkah
Ini cukup penting. Kenapa? Kadang, bus Trans Jakarta berhenti tidak pas di tengah-tengah halte, alias agak jauh. Jadi, daripada jatuh, hati-hatilah saat melangkah. Apalagi kalau dalam keadaan ramai.


Nah, itu dia tips ala di kota kita. Jadi, ga perlu takut lagi ya naik bus Trans Jakarta! Apalagi dengan Rp 3.500 saja, kamu bisa keliling Jakarta loh. Selamat jalan-jalan! J

No comments: