Friday, July 13, 2012

Minggu Ceria






Kalau ada September ceria, maka ada juga Minggu ceria. Yap, melanjutkan cerita kami yang kemarin, tentang ulang tahun www.dikotakita.com , selain mengadakan lomba greeting cards, kami juga merayakan ulang tahun kami dengan makan-makan tepatnya pada tanggal 3 Juni 2012.  Yay! J

Makan ‘mewah’ kami di adakan di sebuah tempat terpencil, di kota kita ini, bersama dengan anak-anak dari Yayasan Sahabat Anak dan ID Bercerita. Sebenarnya, tidak terpencil banget sih, namun, di tempat itulah terasa keceriaan yang istimewa buat kami. Bertepatan di Jalan Malaka, Belakang Mangga Dua Square,dekat pinggiran rel kereta, di sebuah  rumah sederhana bertingkat dua, di tengah rumah padat penduduk, adalah tempat kami merayakan ulang tahun kami. 



Anak-anak yang kami undang adalah anak-anak yang sering belajar di sana. Mereka terdiri dari berumur 9-14 tahun yaitu sekitar kelas 5 SD- SMP.  Jadi, bersama dengan teman-teman ID Bercerita, kami membuat konsep kelas ‘workshop bercerita’. So, pastinya acara utamanya adalah bercerita. Kenapa bercerita? Karena kami ingin mengajak mereka untuk berani membuat cerita dan berani bercerita di depan. Bayangkan, bila dari kecil mereka sudah berani bercerita dan membuat cerita, maka akan ada banyak cerita yang menarik di kota kita, bukan?

Acara di buka dengan ice breaking,  yaitu  nyanyi dan nari  bersama dengan Kak Daus  dari ID Bercerita. Lalu, di lanjutkan dengan cerita fable tentang  petualangan  seekor burung nuri bernama Leyna dan persahabatan Leyna di tengah hutan oleh Kak Denald,  yang berjudul Menyelamatkan Leyna karangan dari Kak Rudi Cahyo.



Awalnya, kami sempat khawatir anak-anak akan bosan dengan konsep workshop kami, ternyata teman-teman dari ID Bercerita, bisa membuat acara workshop ini menjadi acara yang sangat menyenangkan. Kami melihat wajah-wajah antusias dari mereka. Setelah bercerita, mereka di minta untuk menggambar, berimajinasi melanjutkan cerita yang telah di bacakan tersebut. Mereka diberikan pensil warna dan kertas gambar, kemudian di bagi dalam kelompok. Setelah selesai masing-masing kelompok diminta untuk membacakan cerita mereka.  Pastinya cerita mereka bagus-bagus loh.



Yang cukup serunya lagi, di akhir acara mereka di beri tantangan untuk bercerita kedepan tentang cita-cita mereka yang di pandu oleh Kak Devi. Tahu ga? Ada 4 anak cowok yang berani ke depan dan bercerita. Wah, cita-cita mereka hebat-hebat loh. Dari jadi tentara sampai membahagiakan orang tua. Keberanian mereka bercerita kedepan, tentunnya  mendapatkan penghargaan, berupa sebuah jam tangan dari teman-teman di kota kita.



Dan tibalah kita di puncak acara, yaitu tiup lilin. Yay! Tidak lupa juga berdoa, semoga di tahun ini, mimpi-mimpi di kota kita terwujud. Amin!




Mereka berhasil membuat hari minggu kami terasa ceria. Dengan makanan sederhana, dan keceriaan mereka, kami jadi di ingatkan kembali untuk lebih bersyukur dan banyak berbagi, terutama berbagi ilmu pengetahuan.


So, inilah hari minggu ceria dari kami di ulang tahun yang pertama kami.


Terima kasih teman-teman dari Yayasan Sahabat Anak dan kakak-kakak dari ID Bercerita yang mau merayakan ulang tahun bersama-sama dengan kami.. hehe

No comments: